Selasa, 07 Mei 2013

Graphic Design

Tujuan materi kali ini diantaranya mahasiswa dapat memahami pedoman yang baik dalam desain grafis antarmuka (interface) serta mengimplementasikannya ke dalam sebuah prototype tampilan antarmuka sebuah perangkat lunak. Pedoman-pedoman tersebut berkaitan dengan :
  • Teks dan tipografi
  • Warna
  • Icon
  • Layout
  • Window

A. TIPOGRAFI

Tipografi (typography) merupakan seni dan teknik untuk mengatur sebuah tulisan sehingga dapat menolong pembaca untuk mendapatkan kenyamanan membaca semaksimal mungkin.[1] Penyusunan tulisan ini melibatkan beberapa pemilihan font, ukuran titik, panjang garis, jarak spasi baris (leading), jarak antar huruf dalam satu kelompok kata (tracking), dan jarak antar pasangan huruf tertentu (kerning).

Untuk mendesain tipografi yang baik, ada beberapa pedoman yang bisa kita ikuti, diantaranya :
  • Legibility : tingkat kejelasan sebuah bentuk huruf untuk dibedakan dengan bentuk huruf yang lain, misal huruf h dan b ketika menggunakan format italic. Hal ini dipengaruhi oleh desain huruf, penggunaan warna, dan seberapa sering huruf tersebut ditemui pengguna dalam kehidupan nyata.
  • Readability : tingkat kenyamanan dalam membaca suatu susunan hururf. Hal ini dipengaruhi oleh jarak spasi antar huruf, antar kata, antar baris dan kontras warna huruf dengan warna latar belakang.
  • Case : yaitu penggunaan huruf besar (kapital) dan huruf kecil. Campuran yang baik antara huruf besar dan huruf kecil akan memudahkan pengguna dalam memahami tulisan.

B. WARNA

Under Construction

C. ICON

Under Construction

D. LAYOUT

Under Construction

D. WINDOW

Window merupakan metafora jendela kontainer dari tampilan antarmuka sebuah perangkat lunak. Komponen umum yang terdapat dalam sebuah window diantaranya :
  • Frame : batasan untuk membedakan antar window
  • Title Bar : bagian yang berisi title bar icon, title bar text, dan title bar button (close, minimize, maximize)
  • Menu Bar : bagian yang berisi perintah dasar dari aplikasi yang sedang dijalankan
  • Status Bar : bagian untuk menampilkan informasi status apa yang sedang ditampilkan di window
  • Scroll Bar : bagian untuk mendukung fungsi scrolling.
  • Toolbar : bagian yang berisi perintah yang dapat diakses dengan mudah
  • Size Grip : bagian untuk mengontrol perubahan ukuran dari window
  • Work Area : bagian dari layar monitor yang menjadi area window
Terdapat beberapa tipe-tipe window diantaranya :
  • Modal : suatu window aktif yang tidak memperkenankan pengguna berinteraksi dengan window yang lain, biasanya berisi tampilan peringatan konfirmasi ketika akan keluar dari program (question box) atau input pengguna untuk upload berkas (input dialog).
  • Modeless : kebalikan dari modal, pengguna diperkenankan berinteraksi dengan window yang lain selain window aktif, contohnya ketika pengguna mengakses window pencarian kata pada software microsoft word, dimana pengguna masih bisa mengakses window utama.
Selain tipe window tersebut, secara umum window dibagi ke dalam 2 jenis :
  1. Primary Window, merupakan window utama yang berisi sebagian besar dari tampilan sebuah aplikasi
  2. Secondary Window, merupakan window tambahan untuk melakukan aksi tertentu. Contoh secondary window yaitu :
  • Dialog Box :

  • Message Box :

  • Pop-up Window :

  • Pallete Window :

  • Property Sheet :

  • Property Inspector :

  • Single-Document Interface
  • Multiple-Document Interface
  • Workbooks









Tidak ada komentar: