Sabtu, 07 April 2012

Mengubah Port MySQL Yang Terhubung dengan phpMyAdmin

Pada sistem operasi "jendela", beberapa dari kita yang menginstall MySql yang terintegrasi dengan xampp mengkin akan sedikit kesulitan untuk mengubah port defaultnya. Meskipun kita sudah mengubah konfigurasi port mysql yang ada di file my.ini yang ada di folder C:\xampp\mysql\bin namun ketika kita login melalui web clientnya phpmyadmin muncullah error 10061 seperti gambar berikut :


Hal yang sama juga muncul jika kita mencoba login melalui terminal. Peringatan yang muncul sama seperti di web clientnya phpmyadmin :


Untuk mengatasi hal ini, pastikan kita sudah mengubah konfigurasi port mysql yang ada di file my.ini yang ada di folder C:\xampp\mysql\bin. Misal kali ini saya akan menggunakan port 3307 :


Kemudian edit file config.inc.php yang ada di folder C:\xampp\phpMyAdmin dan tambahkan skrip berikut pada bagian /* Server parameters */ :
 $cfg['Servers'][$i]['port'] = '3307';

Angka 3307 tersebut merupakan port mysql yang akan kita gunakan kemudian save file tersebut. Setelah itu restart service mysql anda dan coba kembali login mysql baik melalui web client phpmyadmin maupun melalui terminal. Sampai pada langkah ini seharusnya kita sudah bisa login ke administrasi mysql nya.

Jika masih tidak bisa, coba ulangi kembali langkah-langkah tadi dari awal dan pastikan anda restart service mysql terlebih dahulu sebelum mencoba untuk login dengan konfigurasi port yang baru. Jika masih tidak bisa juga, coba baca dulu sumber link yang saya cantumkan di bawah.

Sumber : http://webmaster.iu.edu/tool_guide_info/phpmyadmin/phpmyadmin.shtml

4 komentar:

Deni Akbar Rapsanjani mengatakan...

Makasih Ilmunya Sangat Membantu...
ane doain semoga blog anda laris

The Rosa mengatakan...

amin,, sama-sama,, terima kasih atas kunjungan nya

wahyu mengatakan...

Terima kasih,, berhasill

semuga yang menulis ini nanti masuk surga

quantum mengatakan...

dahsyat.. luar binasa...
thumbs up furyaaaahhh....
(^*%&^$%%&^(^)