Minggu, 08 Januari 2012

Membuat Mode Hemat Energi (Energy Saving Mode) di Blogger

Mungkin sebagian dari anda pernah mengalami hal berikut. Ketika anda sedang membaca tulisan di blog tertentu (termasuk blog ini), setelah beberapa lama tiba-tiba seluruh tampilan blog tersebut berubah menjadi hitam seperti gambar berikut :


Gambar tersebut merupakan sebuah layanan gratis yang dibuat oleh project onlineleaf.com. Mereka (pihak onlineleaf.com) menamakannya standby engine. Fitur ini dibuat untuk mengurangi konsumsi energi yang ada ketika menampilkan sebuah halaman web.

Cara kerja sistem ini yaitu dengan menutupi seluruh halaman web dengan warna hitam dan hanya meninggalkan tulisan seperti gambar di atas, yang mana tampilan tersebut akan menyembunyikan beberapa efek visual sehingga dapat menghemat energi yang digunakan komputer pengguna ketika menampilkan efek visual yang disembunyikan tadi. Meskipun hal ini terlihat sederhana, namun jika diterapkan oleh banyak pengguna blog, maka ini akan membawa dampak yang besar dalam penghematan energi dunia.

Instalasi Mode Hemat Energi
Bagaimana memasang fitur ini dalam blog (blogger) anda? Berikut ini caranya :
  1. Masuk ke Dashboard blogger anda, kemudian pilih Design kemudian pilih Edit HTML.
  2. Cari tag dan salin kode di bawah ini sebelum tag tersebut :
  3.  <script language="javaScript" type="text/javascript" src="http://www.onlineleaf.com/savetheenvironment.js"></script>
    
  4. Kemudian Save template blog anda tersebut.
  5. Silahkan buka tampilan blog anda dan tunggu beberapa saat tanpa menggerakkan mouse anda, maka akan muncul layar hitam dengan tulisan Energy Saving Mode.

Jika anda menggunakan kode atau librari javascript lain dalam template blogger anda, maka anda harus menambahkan kode di bawah ini tepat setelah kode di atas tadi, yaitu :
 <script>jQuery.noConflict();</script>

Pengaturan Waktu Tunggu
Pengaturan mode hemat energi (Energy Saving Mode) yang kita gunakan akan mengikuti pengaturan standar yang dipakai oleh onlineleaf.com. Kita juga bisa melakukan beberapa perubahan diantaranya mengatur sendiri waktu tunggu untuk memunculkan layar mode hemat energi (Energy Saving Mode).

Kita tinggal menambahkan ?time=x dimana x kita ubah dengan nilai waktu yang kita inginkan (dalam satuan detik). Misal jika kita ingin menggunakan waktu tunggu 2 menit, maka kita ganti x dengan 120 seperti kode di bawah ini :
 <script language="javascript" type="text/javascript" src="http://www.onlineleaf.com/savetheenvironment.js?time=120"></script>

Pengaturan Bahasa
Selain mengatur sendiri waktu tunggu, kita juga bisa mengubah bahasa yang digunakan. Kita tinggal menambahkan ?lang=kode dimana kode tersebut kita ganti dengan kode yang ada di daftar bahasa di bawah ini yang didukung oleh onlineleaf.com. Beberapa bahasa yang bisa kita gunakan diantaranya :
 ak - Akan  
 da - Danish  
 de - German  
 en - English  
 es - Spanish  
 fr - French  
 fi - Filipino  
 gr - Greek  
 hr - Croatian  
 id - Indonesian  
 it - Italian  
 jp - Japanese  
 kr - Korean  
 lt - Lithuanian  
 ma - Malay  
 my - Bahasa Melayu  
 nl - Dutch  
 pl - Polish  
 pt - Portuguese  
 bpt - Brazilian Portuguese  
 ro - Romanian  
 sl - Slovenian  
 se - Swedish  
 sk - Slovak  
 sw - Swahili  
 tr - Turkish  
 vi - Vietnamese  

Berikut ini contoh kode yang ditambahkan jika kita ingin menggunakan bahasa Indonesia :
 <script language="javascript" type="text/javascript" src="http://www.onlineleaf.com/savetheenvironment.js?lang=id"></script>

Jika anda belum menemukan bahasa yang diinginkan, anda bisa mengirimkan translasinya ke pihak onlineleaf.com melalui link onlineleaf.com/Contact.

Kombinasi Waktu Tunggu dan Bahasa
Pihak onlineleaf.com mengatakan kita juga bisa mengkombinasikan kode pengaturan waktu tunggu dan bahasa. Kita tinggal menggabungkan kode ?lang=id dan time=120 yang kita gunakan tadi sehingga menjadi ?lang=id&time=120 seperti contoh berikut :
 <script language="javascript" type="text/javascript" src="http://www.onlineleaf.com/savetheenvironment.js?lang=id&time=60"></script>

Namun kombinasi kode tersebut tidak bekerja di template blogger saya. Setelah saya save, muncul peringatan bahwa kode template saya tidak bisa disimpan. Berikut ini pesan yang ditampilkan :
Your template could not be parsed as it is not well-formed. Please make sure all XML elements are closed properly.
XML error message: The reference to entity "time" must end with the ';' delimiter.

Mungkin saja ada kesalahan konfigurasi yang saya gunakan dan saya belum menemukan hal itu. Jika anda menemukan solusinya mohon diinformasikan. Demikian semoga bermanfaat.

2 komentar:

Mugen mengatakan...

Alfredo. . Mana pengalamannya gan? katanya mau berbagi. Dah bulan februari neh ga da postingan terbaru :D

The Rosa mengatakan...

oke saudara Mugen,,, saya sudah posting pengalaman terbaru,,, hehehe