Jumat, 22 Oktober 2010

Firefox Tidak Mendeteksi Java di Ubuntu 10.04

Dalam paket repositori Ubuntu 10.04 hanya disertakan java dari OpenJDK dan OpenJRE. Bagi penggemar java dari Sun Microsystem kita dapat mengunduh di website Sun Java dan kemudian menginstallnya secara manual.

Namun, bagaimana jika setelah kita menginstall java Sun Microsystem secara manual, ternyata browser (Firefox atau Chrome) kita tidak mendeteksi adanya java di sistem kita (Ubuntu 10.04) ?

Mungkin saja library java kita belum terdeteksi oleh browser kita. Untuk itu, kita harus mengarahkan atau membuat symlink (shortcut) library java (libnpjp2.so) yang telah terinstall ke folder browser kita.

Untuk Firefox
Dalam kasus ini, misal folder java kita ada di /usr/java/jre1.6.0_22 maka arahkan libnpjp2.so ke folder plugin Firefox, yaitu :

ln -s /usr/java/jre1.6.0_22/lib/i386/libnpjp2.so /usr/lib/mozilla/plugins/libnpjp2.so

Setelah itu kita harus merestart Firefox kita dan kemudian buka halaman Java Tester untuk mengecek apakah library java (libnpjp2.so) sudah terdeteksi atau belum. Jika masih belum terdeteksi, periksa lagi apakah kita salah mengetikkan perintah atau salah memasukkan lokasi folder java.

Untuk Google-Chrome
Hampir sama pada Firefox, kita juga harus mengarahkan libnpjp2.so ke folder plugin Google-Chrome. Misal dalam kasus ini folder Google-Chrome berada di /opt dan jika folder plugin pada Google-Chrome belum ada, maka kita harus membuatnya terlebih dahulu, yaitu :

mkdir /opt/google/chrome/plugins
cd /opt/google/chrome/plugins
ln -s /usr/local/jre1.6.0_17/lib/i386/libnpjp2.so .

Setelah itu, restart Google-Chrome, dan masuk ke alamat Java Tester untuk mengecek apakah library java (libnpjp2.so) sudah terdeteksi atau belum. Jika masih belum terdeteksi, periksa lagi apakah kita salah mengetikkan perintah atau salah memasukkan lokasi folder java.

sumber :


Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar: