Senin, 27 Oktober 2008

Sejarah Blog

Istilah blog pertama kali diperkenalkan oleh Jorn Barger sekitar bulan Desember 1998. Dia menggunakan weblog untuk memberikan nama kepada kelompok orang yang mempunyai website pribadi dan selalu meng-update website-nya tersebut, baik itu berita, link ke website lain, curhatan, tutorial dan lainnya. Dan disertai komentar-komentar dari tulisannya tersebut. Pada awalnya blog hanyalah catatan perjalanan seseorang yang di publish di internet (mungkin sekarang juga ga berubah). Tujuannya pembuatan blog bermacam-macam, ada yang karena narsis, eksistensi, sharing ilmu, ajang diskusi, curhat unek-unek, pajang iklan sampai ke hal-hal di luar jangkauan akal manusia.

Roger Yim, seorang kolumnis San Francisco Gate pada artikelnya, menuliskan bahwa sebuah blog adalah persilangan antara diary seseorang dan daftar link di Internet. Sedang Scott Rosenberg dalam kolomnya bahwa blog berada pada batasan website yang lebih bernyawa daripada sekedar kumpulan link tapi kurang instrospektif dari sekedar sebuah diary yang disimpan di internet.

Kalau kita masih ingat, Mosaic adalah browser pertama sebelum adanya Internet Explorer bahkan sebelum Nestcape. Kemudian pada Januari 1994 Justin Hall memulai website pribadinya Justins Home Page yang kemudian berubah menjadi Links from the Underground yang mungkin dapat disebut sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang. Banyak sekali layanan penyedia weblog garisan, seperti wordpress.com, blogger.com dimana hampir setiap jam member mereka tambah banyak.

Di Indonesia sendiri, sejarah blog katanya berawal pada tahun 2000, dengan cikal bakalnya sebuah website yang bernama Indigos.Net Website pribadi yang berisi segala sesuatu tentang seseornag yang bernama Tyaz dari mulai biodata, profil teman, portofolio, hingga kumpulan puisi, tetapi Indigos.Net ini dikenal webblog pada tahun 2001 dengan membernya yang lumayan banyak pada saat itu dan contentnya yang inovatif dan kreative.

Berikut ini beberapa jenis blog yang dapat kita temukan saat ini :
1. Blog Politik : berisikan tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
2. Personal Blog : berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan jahat, dan perbincangan teman.
3. Blog Kesehatan : berisi tentang info kesehatan seperti keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
4. Blog Sastra : lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
5. Blog Perjalanan : berisi tentang cerita perjalanan atau keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
6. Blog Riset : berisi tentang persoalan akademis seperti berita riset terbaru.
7. Blog Hukum : Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
8. Blog Media : berisi bahasan kebohongan atau ketidakkonsistensi media massa dan biasanya hanya untuk koran atau jaringan televisi.
9. Blog Agama : berisi tentang agama.
10. Blog Pendidikan : berisi seputar dunia pendidikan dan biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
11. Blog Kebersamaan : berisi topik yang lebih spesifik dan ditulis oleh kelompok tertentu.
12. Blog Petunjuk (directory) : berisi ratusan link halaman website.
13. Blog Bisnis : blog yang digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka.
14. Blog Pengejawantahan : berisi informasi sekitar objek diluar manusia, seperti hewan maupun tumbuhan.
15. Blog Pengganggu (spam) : blog yang digunakan untuk promosi bisnis affiliate atau juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog).

Diambil dari beberapa sumber.

Tidak ada komentar: